Tim RB Siapkan Panduan Pelaksanaan Program RB di BPPT

Reformasi Birokrasi (RB) berlangsung di semua unit kerja oleh karena itu keterlibatan semua unit kerja  penting dalam pelaksanaan RB ini. "RB ini tidak boleh berjalan sendiri-sendiri, karena keberhasilan pelaksanaan RB akan menjadi keberhasilan bersama. Jadi dengan mengembangkan tim RB ini merupakan langkah tepat untuk dilaksanakan bersama," ungkap Sekretaris Utama BPPT, Jumain Appe dalam Konsinyering penetapan panduan pelaksanaan program reformasi birokrasi di lingkungan BPPT, Lido, Bogor, 5/12.

 

Jumain menambahkan, bahwa untuk menjamin pelaksanaan PMPRB yang tepat di BPPT, guna mendapatkan bukti penilaian yang tepat perlu dibentuk sebuah sistem atau panduan yang seragam."Jadi seluruh unit kerja juga dapat melaksanakan RB dengan  pedoman yang jelas, harus sama antara satu unit dan unit lainnya. Oleh karena itu  perlu ada penetapan suatu panduan yang disahkan oleh Kepala BPPT untuk dilaksanakan di lingkungan BPPT," tuturnya.

Tugas kita adalah  bagaimana meyakinkan bahwa RB ini  berjalan baik, melalui Penilaian Mandiri Program RB (PMPRB) kita bisa tahu baik atau tidaknya pelaksanaan RB. "Kita harapkan penilaian yang kita peroleh terus meningkat. Untuk itu kriteria yang ada di dalamnya harus kita penuhi, dibuktikan  dengan  dokumen-dokumen tertentu sebagai bukti pelaksanaan RB," urainya.

Panduan ini, lanjutnya, setelah jadi  harus dilakukan sosialiasi ke seluruh unit kerja, bisa dilaksanakan per kedeputian dengan mengundang seluruh pegawainya guna mengetahui apa yg dilaksanakan dan dinilai dalam pelaksanaan RB. "Sehingga jika ada penilai datang maka dari pegawai dan pimpinan bisa menjawab hal yang sama. Oleh karena itu panduan ini penting bagi pelaksanaan RB dan penilaiannya di BPPT," tutup Jumain.  

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro SDMO BPPT Suratna menuturkan bahwa konsinyering ini juga diharapkan dapat meningkatkan hasil  penilaian PMPRB dan kapasitas BPPT secara umum."Kami tengah mengupayakan payung hukum untuk melaksanakan tugas ini, bagaimana pelaksanaan panduan ini. Demi kesuksesan RB ini kami juga mengharapkan dukungan berbagai pihak," harapnya. (SYJ/Humas)