Refleksi 2014 & Rencana Kerja SDMO 2015

 

Biro Sumber daya Manusia dan Organisasi (Biro SDMO) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) disepanjang tahun 2014 ini telah melaksanakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan Reformasi Birokrasi (RB). Upaya itu dilakukan Biro SDMO untuk memberikan bentuk pengukuran kinerja manajemen BPPT.

Program-program yang telah dilaksanakan oleh Biro SDMO di tahun 2014 dan Rencana Kerja tahun 2015 ini dipaparkan di depan Sekretaris Utama BPPT di acara Refleksi 2014 dan Rencana Kerja Biro SDMO tahun 2015 di Aula Wisma Teknologi Puncak, Bogor, (1/20). Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Utama, Kepala Biro SDMO, Kepala Biro Umum dan Humas, Kepala BPPT Engineering dan seluruh pegawai di Biro SDM dan Organisasi.

 

Dalam pembukaan acara, Kepala Biro SDMO, Suratna mengatakan Refleksi Akhir Tahun dan Rencana Kerja tahun 2015 Biro SDMO merupakan acara yang digelar Biro SDMO untuk meningkatkan pelayanan di Biro SDMO, Kita melayani 45 unit kerja, 3000 orang, 1 Kepala BPPT, dalam melayani ada 2 (dua) jenis yaitu pelayanan kepada orang dan jabatan, pelayanan kepada orang dilaksanakan dengan berbagai macam cara,  menjawab telpon, sms, bbm, sedang pelayanan jabatan  karena bersifat formal maka menggunakan nota dinas.

Suratna menambahkan, bahwa Biro SDMO ada karena dibutuhkan, oleh sebab itu kita harus memberikan manfaat. Selamat Bekerja teman di lingkungan Biro SDMO, semoga dapat berprestasi, maka kita harus berkembang menjadi yang lebih baik. Pada tahun 2015 ini akan dikembangkan Aplikasi sistem data terpadu (sidadu) online, Penilaian Prestasi Kerja pegawai (PPK) merupakan suatu proses penilaian secara sistematis yang dilakukan oleh Pejabat Penilai terhadap sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja pegawai,dan Absensi online,  semua kegiatan tersebut didukung oleh Pusat Data Informasi dan Standardisasi (PDIS) dalam pembuatan aplikasinya.

Pada kesempatan tersebut para Kepala Bagian di Biro SDM dan Organisasi memaparkan kegiatan yang telah di laksanakan pada tahun 2014 dan rencana kegiatan pada tahun 2015.

Di tempat yang sama, Sekretaris Utama BPPT, Soni Solistia Wirawan memberikan arahan untuk Biro SDMO. Saya minta SDMO lebih profesional. Harus percaya diri, Output BPPT banyak tetapi harus dikesam yang bagus sehingga diketahui oleh masyarakat. Tugas pokok Setama adalah melayani 3016 pegawai dan 1 Kepala BPPT.Setiap urusan kalau kita mau pasti bisa dilaksanakan contohnya pengadaan kalender dan agenda yang biasanya bulan Maret tahun berikutnya baru ada dan kurang direpon oleh pegawai, maka untuk kalender dan agenda 2015 saya minta untuk diterbitkan pada bulan Desember 2014 dan ternyata bisa dilaksanakan. Kita juga merespone apa yang dibicarakan di bursaide seperti “warung doyong” sekarang sudah di bangun kantin di gedung manajemen yang suasananya dibuat seperti warung doyong tetapi bersih. Kesulitan kendaraan anatar unit kerja di serpong kita tanggapi dengan mengadakan bus commuter dengan memberikan info di setiap gedung, serta akan ada mobil hybrid untuk tamu BPPT, pengemudi bus commuter agar terlihat profesional diberi seragam. Untuk meningkatkan pelayanan poliklinik akan disediakan ambulance yang saat ini sedang dipesan dan didesign.

Sekretaris Utama juga menyampaikan beberapa kritik terhadap Biro SDM dan Organisasi mengenai kerahasiaan dalam Baperjakat, serta mengenai fungsional Auditor yang bisa tetap bekerja di Biro Keuangan. Dan meminta Biro SDMO untuk absensi dapat dilakukan uji coba metode baru yaitu absensi pada pagi dan sore atau pagi-siang-sore pada bulan Februari 2015 dan sudah dapat di terapkan pada bulan April 2015.

Disesi terakhir Kepala Biro Umum dan Humas, I Gst. Ketut Astana memberikan informasi kegiatan di lingkungan Biro Umum dan Humas. Dan fasilitas yang disediakan untuk pelayanan di BPPT.

 

(DATA/SDMO)